AIR SEHAT

Air Minum Yang Sehat Untuk Manusia

Gambar air minum sehat

pH (potenz of Hydrogen) air minum sangat berpengaruh bagi keseimbangan tubuh manusia. Umumnya untuk menguji kualitas air minum, hanya dilakukan pengujian dengan TDS meter (Total Dissolved Solid) yang satuannya ppm.

Akan tetapi yang ideal adalah juga: berapa pH air minum yang kita konsumsi? Apakah relevan bila untuk air minum dipertanyakan pH-nya, kenapa bukan hanya TDS-nya saja? Sebagai contoh ekstrem: Apakah anda mau minum air ber pH 2 atau 3 yang sangat-sangat asam? Dijamin lambung anda akan rusak.

pH tubuh manusia normal adalah 7,3 – 7,5, banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa tubuh yang ber-alkali dapat mencegah berbagai macam penyakit degeneratif, termasuk sel-sel KANKER, yang dapat terbentuk dengan mudah dalam tubuh yang bersifat Asam (Acidosis).

Juga salah satu fungsi air adalah mendorong keluar racun dari dalam tubuh, sehingga dari Departemen Kesehatan merekomendasikan untuk pH air yang dikonsumsi adalah berkisar antara 6,5 – 8,5. Jika kita minum air dengan pH di bawah 6,5 itu adalah air yang sifatnya asam, dan hal itu adalah sangat tidak baik bagi tubuh kita.

Beberapa gajala yang biasanya terjadi jika darah kita bersifat Asam :

- Gangguan pencernaan
- Rendahnya energi
- Mudah capai
- Sakit serta rasa sakit pada sendi
- Kanker dan penyakit degeneratif
- dan lain-lain.

Pada umumnya pH Air Minum hasil mesin isi ulang adalah Rendah (<6,5) sehingga disamping rasanya timbul masam, dan itu juga kurang/tidak sehat bagi tubuh kita serta fungsi air minum menjadi tidak ideal.

Perbandingan pH Air Minum Dari Hasil Penelitian

Gambar air isi ulang kemasan

Dari hasil penelitian (lihat link ini), ternyata pH air minum isi ulang yang didapat adalah dibawah pH air minum yang dianjurkan buat kesehatan kita sesuai rekomendasi Departemen Kesehatan. Didapat hasil penelitian dari air minum isi ulang adalah asam atau pH di bawah standar air minum yang sehat yaitu di bawah 6,5.

Sedangkan untuk air minum kemasan, pH yang dimiliki masih di bawah 6,5, hanya beberapa merk air kemasan saja yang mendekati 6,5, yaitu dengan pH 6,11 – pH 6,47. Bahkan pada beberapa air minum bermerek mempunyai pH dibawah pH 6.

Dengan menggabungkan pola makan yang sehat dan minum air dengan nilai TDS yang rendah (air murni), serta pH yang serupa dengan nilai pH darah kita ( 7,3 – 7,5 ) , maka hal itu adalah suatu cara ideal yang dapat menyebabkan kesehatan kita lebih baik.